Pages

Kamis, 20 November 2014

Demam K-Pop melanda Indonesia

Demam K-Pop Melanda Indonesia, Kini Bermunculan Boy & Girlband - K-Pop atau Korean Pop adalah jenis musik yang paling populer saat ini yang berasal dari Korea Selatan atau Negeri Ginseng. K-Pop bukan lagi hanya milik orang Korea saja, namun K-Pop kini sudah merambah ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia K-Pop mulai berkembang pesat menjelang akhir 2010. Kini musik K-Pop sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penggemar musik K-Pop di Indonesia.Indonesia dilanda wabah K-Pop. Lalu apa arti istilah ini? Dalam bahasa Indonesianya berarti demam budaya Korea dan dalam bahasa Koreanya disebut Hallyu Wave.Istilah ini merujuk pada budaya popular yang dibawa artis-artis Korea Selatan ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bentuknya bisa film-film drama, music, makanan, mobile telephone, TV LCD, dan gadget lainnya.



             Di Indonesia, serangan wabah K-Pop dimulai dengan kehadiran film-film drama Korea dilayar kaca pada dasawarsa tahun 2000-an. Kemunculan drama Korea berawal dari "Endless Love" yang diikuti "Winter Sonata", "Sassy Girl Chunhyang", "Boys Before Flowers". Ketenaran drama Korea memuncak setelah drama "Full House" yang dibintangi artis Korea terkenal, Rain dan Song He Kyo. Kepopuleran drama-drama tersebut di atas membuat penonton Indonesia semakin mengenal budaya Korea. Sejak saat itu istilah-istilah bahasa Korea seperti "anyonghasseyo" yang berarti salam, mulai terdengar dari mulut penonton drama Korea. Selain itu penggemar K-Pop mulai menggemari music,  masakan dan busana yang berbau Korea.Bahkan akibat demam musik K-Pop, kini muncul Boyband danGirl Band yang menirukan gaya dan musik K-Pop.


            Dan juga ada reality show favorite saya seperti Running man dan We got married yang ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta di korea. Running man adalah sebuah acara varietas dari Korea Selatan Pertama kali ditayangkan tanggal 11 Juli 2010 di SBS>  Acara ini merupakan lanjutan dari variety show Korea juga, Family Outing. Pembawa acara sekaligus pemainnya adalah Yoo jae suk, Kim jong kook , Lee kwang soo, Song ji hyo, Ha-ha, Ji suk jin dan Gary. Variety show ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan pertim, dapat 2 tim, 3 tim maupun 4 tim. Kadang seseorang berbuat curang untuk dapat memenangkan permainan, namun Production Team (PD) sering menyatakan bahwa pelanggaran itu tidak sah. Di antara pemain ini, terdapat juga VJ, yang selalu mendamping pemain dalam jalan permainan.




             Beberapa Boyband yang sudah terkenal di Indonesia seperti Super Nine Boys, Smash, XO Nine, Max5 dll. Sementara untuk Girl Band ada Cherry Belle, 7 Icon dan masih banyak lagi yang lain.Sebenarnya masih banyak lagi Boyband dan Girlband Indonesia yang muncul akibat pengaruh K-Pop. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa Boyband dan Girlband Indonesia terlalu meniru gaya K-Pop! Apakah ini akibat dari begitu kuatnya pengaruh musik K-Pop atau bukan, namun sepintas memang tidak bisa dipungkiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar